Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1 Windows 10 adalah sistem operasi terbaru besutan Microsoft menggantikan Windows ... thumbnail 1 summary
Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru besutan Microsoft menggantikan Windows 8.1. Datang sebagai upgrade gratis, beberapa user Windows tampaknya ingin mencicipi Windows 10 didalam PC mereka. Memang tidak semua pengguna yang sudah upgrade ke Windows 10 merasa puas, ada juga yang tampak "menyesal" sudah upgrade ke Windows 10, entah itu masalah driver yang tidak compatible, aplikasi yang tidak bisa digunakan, belum terbiasa menggunakan Windows 10 dan sebagainya. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah bisa downgrade dari Windows 10 ke versi Windows sebelumnya yang pernah kalian gunakan ?

Apakah Bisa Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 / Windows 8.1 ?

Jawabannya adalah iya, Microsoft menawarkan kesempatan kepada pengguna Windows yang sudah upgrade ke Windows 10 untuk downgrade ke versi Windows yang mereka gunakan, entah itu Windows 7 SP1 ataupun Windows 8.1 dengan catatan kalian harus melakukannya 30 Hari setelah upgrade ke Windows 10. Artinya, jika kalian upgrade dari Windows 7 SP1 ke Windows 10, kalian hanya punya waktu 1 bulan untuk bisa balik lagi ke Windows 7 SP1.

Bagaimana Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1 ?

Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1 sebenarnya cukup mudah, namun perlu kalian catat, kalian harus memiliki folder Windows.old yang didapat dari versi Windows yang sebelumnya kalian gunakan. Apabila folder Windows.old sudah kalian hapus, maka kalian tidak akan dapat bisa balik lagi ke Windows sebelumnya dan satu-satunya cara adalah clean install.

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1

Folder Windows.old terletak pada C:\, folder ini berukuran cukup besar, jika kalian tidak terlalu membutuhkannya dan sudah fix memutuskan untuk tetap di Windows 10, kalian bisa hapus folder Windows.old dengan mudah.

Untuk melakukan proses downgrade hal yang perlu kalian lakukan adalah sebagai berikut.

1. Klik Start Menu --> Settings --> Update & Security --> Pilih Recovery.

2. Selanjutnya kalian pasti akan melihat pilihan seperti "Go back to Windows 7″ atau “Go back to Windows 8.1″. Apabila kalian sudah menghapus folder Windows.old atau sudah melebihi waktu 30 hari setelah upgrade ke Windows 10, maka pilihan ini akan hilang.

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1

3. Selanjutnya kalian klik "Get Started", kemudian Microsoft akan menampilkan jendela feedback kenapa kalian ingin balik ke versi Windows sebelumnya, terserah kalian bisa pilih yang mana. Jika sudah selesai kalian klik Next dan tunggu hingga proses downgrade selesai.

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 SP1 atau Windows 8.1

4. Proses downgrade Windows 10 tergantung kecepatan PC kalian. Perlu diingat, seluruh aplikasi akan terhapus dan kalian harus kembali menginstall aplikasi yang kalian butuhkan dari awal. Namun, file dan folder yang ada di My Document tidak akan dihapus, walaupun begitu saya tetap menyarankan agar kalian melakukan backup terlebih dahulu.

Apa yang Terjadi Setelah Lewat Masa 30 Hari Setelah Upgrade ?

Jika kalian sudah melewati masa 30 hari setelah upgrade dan masih ingin downgrade dari Windows 10, tidak ada cara lain selain clean install. Jika kalian pengguna Windows asli, pengguna Windows 7 biasanya menemukan serial number berada di bawah perangkat laptop, sedangkan pengguna Windows 8 / 8.1 product key-nya tertanam didalam perangkatnya, biasanya akan langsung terdeteksi dan tanpa memasukkan serial number lagi. Namun untuk jaga-jaga pkalian membackupnya terlebih dahulu product key tersebut untuk dignakan sewaktu-waktu untuk install ulang, lihat cara ambil product key Windows 8 / 8.1 yang ada di BIOS dan lakukan sebelum upgrade ke Windows 10.

Windows 10 memang menawarkan berbagai macam fitur menarik seperti Modern Apps, Cortana, dan sebagainya. Namun tidak semua orang dengan fitur-fitur tersebut dan lebih memilih Windows lawas dibandingkan Windows 10. Oleh karena itu daripada bolak-balik upgrade - downgrade Windows, saya lebih menyarankan kalian mencoba Windows 10 di Virtual Machine macam VMware Player atau VirtualBox dan jika kalian suka dengan Windows 10, baru lakukan upgrade ke Windows 10.

Không có nhận xét nào

Đăng nhận xét