Software Alternatif Pengganti uTorrent

Software Alternatif Pengganti uTorrent uTorrent tidak dapat dipungkiri adalah salah satu client P2P terbesar saat ini. Namun dalam beberapa... thumbnail 1 summary

Software Alternatif Pengganti uTorrent

uTorrent tidak dapat dipungkiri adalah salah satu client P2P terbesar saat ini. Namun dalam beberapa tahun terakhir, uTorrent selalu menawarkan aplikasi pihak ketiga ( 3rd Party Apps ) yang mana malah merugikan pengguna uTorrent itu sendiri. Belum lagi aplikasi uTorrent itu sendiri dijejali banyak sekali iklan. Puncaknya adalah saat uTorrent menginstall aplikasi sampah ( junkware / crapware ) Bitcoin Miner kedalam PC pengguna secara diam-diam. Oleh karena itulah banyak pengguna uTorren mulai banyak melirik aplikasi P2P lainnya yang memiliki fungsi yang sama dengan uTorrent.

1. Deluge

Deluge

Deluge adalah salah satu aplikasi berbasis open source yang bisa digunakan untuk mengganti fungsi dari uTorrent. Deluge sendiri memiliki fitur sebagai berikut :
  • BitTorrent encryption
  • DHT, peer exchange, 
  • magnet URLs, 
  • UPnP, 
  • RSS, 
  • bandwidth scheduling, 
  • per-torrent speed limits
  • Dan masih banyak lagi
Tampilan Deluge juga lumayan bagus dan cukup nyaman. Selain itu Deluge juga bertipe cross-platform, artinya kalian bisa menggunakan Deluge di Windows, OS X atau Linux.

2. qBittorrent

Kurang lebih sama seperti, qBittorrent juga berbasis Open Source. libtorrent. Fitur dari qBittorrent juga hampir sama dengan Deluge. qBittorrent juga support berbagai macam OS seperti Windows, Mac OS X, FreeBSD, Linux hingga OS/2.

3. Transmission-Qt Win

Transmission-Qt Win

Transmission adalah salah satu aplikasi client BitTorrent untuk OS X dan Linux. Transmission secara default sudah terinstall didalam OS turunan Linux seperti Ubuntu, Fedora dan Distro Linux lainnya. Transmission secara official memang tidak support untuk Windows, namun beberapa Developer di SourceForge.net membuat Unofficial Transmission yang diberi nama Transmission-Qt Win. Transmission-Qt Win memiliki fitur yang sama dengan versi Linuxnya walaupun secara tampilan agak berbeda dari uTorrent.

4. uTorrent 2.0.4 atau 2.2.1

uTorrent 2.2.1

Ada pepatah yang bilang "Newer doesn't always mean better" yang kurang lebih artinya "Yang baru bukan berarti lebih baik". Ya, banyak pengguna uTorrent masih setia menggunakan versi lawas dari uTorrent. Mereka lebih memilih versi lama uTorrent karena lebih mudah digunakan dan ukurannya lebih kecil dari yang terbaru. 

5. TiXaTi

Salah satu alternatif uTorrent lainnya. TiXaTi juga patut untuk kalian coba sebagai pengganti uTorrent, walaupun tampilan dari TiXaTi sedikit membingungkan bagi pengguna baru, namun setidaknya lebih aman dari uTorrent.

Kesimpulan

uTorrent yang semakin hari semakin dipenuhi aplikasi sampah dan berbahaya tampaknya memang harus ditinggalkan. Selain itu banyak pula alternatif dari uTorrent yang lebih baik. Saya sendiri memilih menggunakan versi uTorrent 2.2.1 selama 1,5 tahun belakangan, kalian sendiri pilih yang mana ?

Images by HTG

Không có nhận xét nào

Đăng nhận xét